Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Panwaslih Brebes Gelar Rakor Persiapan PPL




18 anggota Panitia Pengawas Pemilih Kecamatan (Panwascam)  mengikuti rapat koordinasi (rakor) persiapan pembentukan Pengawas Pemilih Lapangan (PPL) dan Sekretariat  Panwascam  di Rumah Makan Hegar Manah Banjarharjo, Jumat (5/8/2016).
6 Kecamatan yang hadir yakni Jatibarang,  Songgom, Larangan, Ketanggungan, Kersana dan Banjarharjo. Kegiatan rakor ini sudah berlangsung sejak tanggal 3 sampai 5 Agustus 2016. Sebelumnya dilaksanakan di wilayah Brebes Selatan meliputi kecamatan Tonjong, Sirampog, Bumiayu,  Paguyangan, Bantarkawung dan Salem. Selanjutnya di Wilayah Brebes Utara meliputi kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari.
Hadir dalam rakor, Ketua Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) kabupaten Brebes, Kuntoro, S.IP, Divisi Organisasi dan SDM, Drs. Taufiqurrachman, Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga, Wakro, S.IP dan Kepala Sekretariat, Sodikin, S.STP,MPS.Sp.
Ketua Panwaslih Kabupaten Brebes, Kuntoro,S.IP mengatakan, kegiatan rakor ini  merupakan agenda Panwas kabupaten untuk  menyamakan persepsi terkait perekrutan calon PPL agar sesuai dengan ketentuan Peraturan Bawaslu (Pebawaslu). “Pesan pertama saya, laksanakan sesuai pedoman, kalau tidak sesuai pedoman, saya khawatir pedoman hanya untuk bantalan tidur saya sehingga dalam bekerja sekehendak sendiri. 
Untuk pesan kedua, kata Kuntoro, menindaklanjuti pesan ketua Bawaslu RI, Prof Muhamad, supaya teman-teman  Panwascam itu bisa menjaga jangan sampai terjadi sengketa pemilu. Karena sengketa bisa dicegah dengan fungsi kita. Kalau tidak ada sengketa, maka fungsi pengawasan berjalan. Fungsi pengawasan bukan hanya pelanggaran, namun juga pencegahan. “Kalau teman-teman Panwascam bisa melaksanakannya, beliau akan memberi sertifikit berlogo garuda emas dengan tanda tangan dan stempel basah sekaligus akan datang menemui anggota panwas. Mohon itu bisa jadi motivasi, kita harus melakukan kegatan pencegahan dengan baik. Dengan pencegahan, kita bisa menyelamatkan pemilu,”pungkasnya.
Divisi Organisasi dan SDM, Drs. Taufiqurrachman mengungkapkan, tahapan sudah mulai, panwascam sudah dilantik dan bertiga sudah melakukan pleno yang pertama untuk menentukan ketua dan pembagian divisi. Jangan sampai ada perbedaan pendapat terdengar ke luar, kalau di dalam boleh.  
“Kalian harus solid, keinginan, tujuan, visi misi harus sama. Pesan Ketua Bawaslu RI Prof. Muhamad yang utama yaitu  integritas. Integritas itu adanya di kepala, karena apa yang kita fikirkan dan lakukan harus sama. Jangan sampai kemarin diwawancara, ketika di lapangan tidak sesuai,” imbuhnya. (Lukmanul Hakim/Panwascam Larangan)

Posting Komentar

0 Komentar